Anak-anak kelas B

Posted: April 9, 2012 in Uncategorized

Beberapa tahun yang lalu sebuah penelitian dibidang pendidikan diadakan secara rahasia di sebuah sekolah di UK. Sekolah ini hanya punya 2 kelas. Pada akhir tahun pelajaran diadakan ujian untuk membagi anak2 ke dlm kelas2 tersebut. Akan tetapi hasil ujian tersebut tidak pernah diumumkan. Anak2 rangking 1 ditempatkan bersama degan anak2 rangking 4,6,8 dan seterusnya. sedang anak2 rangking 2 ditempatkan dengan anak2 rangking 3,5,7 dan seterusnya. Semua disusun agar kedua kelas ini memiliki kesetaraan. Tidak ada perbedaan guru dan fasilitas bagi kedua kelas ini, kecuali satu hal : yg satu di sebut kls “A” dan kls “B”.
Pada kenyataanya setiap kelas sebenarnya memiliki kemampuan setara, namun di benak setiap orng anak kls A dianggap lebih ungul dibanding kls B. Bahkan anak2 kls A setelah ujian mendapat hadiah dari orang tuanya, namun anak2 kls B hanya mendapat omelan, krn diangap kurang berusaha oleh orang tuanya. Orang tua mereka tidak sadar bahwa jika dilihat dari rangking maka anak2 kls B seharusnya setara degan anak kls A, namun hal itu dirahasiakan, hanya kepala sekolah dan tim nya yang tau, guru sendiri tidak menyadarinya. Sehingga para guru bersikap berbeda saat mengajar kls B. Sepanjang tahun ilusi kelas A dan B terus dipertahankan. Lalu tiba lah ujian akhir thn brikutnya.
Hasilnya membuat merinding, tetapi tidak mengagetkan. Anak2 kls A menunjukan prestasi lebih baik dari pada anak2 kls B. Jika dilihat dari kenyataan ujian tahun lalu seharus nya anak2 kls B tidak kalah dari kls A. Skrng benar2 anak2 kls A menjadi anak kls A (nomor 1) sunguhan sedang anak2 kls B menjadi anak kls B (nomor 2) sunguhan. Inti dari cerita diatas, seperti apa mreka diajar sepanjang thn seperti apa mreka diperlakukan, seperti apa mereka dipercaya, demikian lah jadinya mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s