hari raya nyepi jatuh pada hari jumat.

Posted: March 7, 2012 in Uncategorized

Kenapa saya beri judul artikel ini “hari raya nyepi jatuh pada hari jumat” memang benar Tahun baru saka 1934 jatuh pada hari jumat tanggal 23 maret 2012 masehi. Lalu apa yang menjadi masalah kalau jatuh pada hari jumat? Bukan kali ini aja nyepi jatuh hari jumat.
Masalah nya bukan karena jatuh pada hari jumat, melainkan karena ada desakan dari beberapa orang di luar bali yang meminta agar saat nyepi itu umat islam diberikan melakukan solat jumat seperti biasanya.
Kembali lagi orang bali diuji, orang bali terkenal akan toleransinya harus memilih apa melarang untuk aktifitas keagamaan agama lain selama nyepi, ataukah harus memberikan ijin agama lain untuk melakukan aktifitas keagamaan nya dengan mengabaikan catur brata penyepian yang sangat sakral bagi umat Hindu.
Hal ini memang menjadi polemik yang sangat berat bagi umat Hindu yang begitu menjaga toleransi beragama. Agama Hindu mengajarkan agar bersikap toleran dengan agama apa pun itu artinya tidak boleh kita melarang umat lain melakukan aktifitas keagamaan.
Namun bagaimana dengan melakukan aktifitas keagamaan saya nyepi? Yang mana bandara pun harus tutup satu hari, itu satu-satunya di dunia, bandara sampai tutup satu hari, bahkan semua aktifitas di Bali harus berhenti.
Hal ini sebaiknya disikapi juga dengan toleransi agama lain ke umat Hindu, sebaiknya umat beragama lain ikut juga menghormati hari keagamaan umat hindu di bali dengan tidak beraktifitas juga.
Bukankah ada pepatah dimana bumi di pijak langit di jungjung. Jadi sebaiknya umat agama lain yang tingal di bali menghormati adat istiadat di bali. Cukup melakukan aktifitas keagamaan di rumah saja. Toh juga sama seperti di tempat lain umat hindu tidak meminta negara harus menghentikan semua aktifitas nya saat nyepi, cukup di bali saja yang merupakan mayoritas Hindu.
Semua harus disikapi dengan bijaksana, jika kita semua saling toleransi maka yakin semua akan berjalan dengan indah di dalam perbedaan di negeri ini.

terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s