Agama Bumi Dan Agama Langit

Posted: March 7, 2012 in Uncategorized

Beberapa orang suka membagi agama yang ada di dunia ini (yang mana agama yang dia percaya di tempatkan di tempat tertingi). Sah-sah saja jika ada yang ingin mengolongkan agama. Beberapa teolog kristen membagi agama menjadi golongan vertikal. Ditempat paling bawah dia menempatkan agam suku, lepisan kedua adalah agama hukum seperti Islam dan Yahudi. Lapisan diatas nya ada agama pembebasan yaitu Budha dan Hindu. Dan karena ini teolog kristen maka di tempat tertinggi adalah kristen sebagai agama pembebasan tertinggi.
Ada juga pembagian agama berdasarkan tempat lahirnya. Yaitu agama barat (yahudi,kristen,islam) dan timur (Hindu,budha).
Namun ada yang paling sering digunakan oleh agama-agama barat sebagai propaganda adalah pembagian agama bumi dan langit. Dimana secara langsung tentu dapat diartikan tinggi dan rendah.
Yaitu satu datang dari langit agama wahyu buatan tuhan dan yang lain adalah agama bumi atau artinya buatan manusia.
Agama langit disini diartikan oleh mereka adalah agama yang berasal dari tuhan yang duduk dikursi di langit ketujuh. Versi Yahudi,kristen dan islam.
Dan agama Islam percaya bahwa Islam adalah agama langit terakhir dimana bagi umat Islam mereka adalah agama yang berada dipuncak. Mereka mengklaim bahwa Al’quran adalah wahyu tuhan yang terakhir dan telah membatalkan agama-agama sebelumnya (torah dan injil).
Bila para ahli percaya bahwa ketiga agama itu adalah satu rumpun itu boleh saja, dan bisa diterima secara logika. Namun pertanyaannya adalah apakah tuhan itu adalah seorang mahasiswa yang sedang menyusun tensis nya. Dimana dia harus membuat sedikit demi sedikit sesuai informasi yang di dapat, melalui percobaan dan perbaikan. Apakah tuhan menurunkan wahyunya ke dalam kitab suci bertahap sampai katanya Al’quran yang paling sempurna. Apakah tuhan sebodoh itu?
Yahweh (tuhan yahudi) berasal dari ajudan dewa perang yang berasal dari suku Midian dan dijadikan satu-satunya tuhan oleh musa. Sedangkan yesus adalah salah satu dari trinitas. Dia adalah pembaharuan agama yahudi yang diangkat menjadi tuhan oleh para pendiri kristen awal. Sedangkan allah adalah dewa hujan bangsa arab, yang diangkat oleh muhammad dijadikan tuhan. So yahweh, Yesus dan Allah adalah tuhan yang dibuat manusia. (Amstrong ; histori of god).
Karakter 3 tuhan itu juga berbeda. Yahweh adalah tuhan yang pencemburu,keras, gampang marah dan suka menghukum pengikutnya dengan kejam. Bahkan dia tuhan yang suka berperang bersama pengikutnya melawan bangsa arab,mesir dan canaan. Sedangkan yesus juga tuhan pencemburu namun dia memiliki rasa kasih sayang tapi juga memiliki neraka yang kejam. Begitu juga allah, dia hampir mirip dengan yahweh, dia juga punya neraka. Bagi yahweh orang yahudi diangap manusia nomor satu, sedangkan bagi allah orang yahudi diangap musuh nomor satu.
Pengakuan tuhan yang berbeda antar agama yang masih satu rumpun ini tentu menyiratkan beberapa pertanyaan apa benar agama yang muncul berikutnya adalah agama yang benar dengan membatalkan wahyu tuhan yang turun lebih awal. Kembali pertanyaan mengklitik datang, ada beberapa ajaran dalam perjanjian lama (yahudi) ada tentunya dia perjanjian baru (kristen) dan ajaran itu juga ada dalam Al’quran.
Apakah bagian-bagian itu dipinjam oleh tuhan yang satu ketuhan yang lain?
atau mungkin pengarangnya yang saling meminjam karya terdahulunya.
Yang jelas bagi agama Hindu pembagian agama menjadi agama Bumi dan langit bukanlah masalah.
Agama abrahamik mengambarkan tuhan duduk di langit ke 7, yang di pikul oleh para malaikat dan jin-jinnya.
Jadi kalau karena itu disebut agama langit itu wajar saja.
Bagi umat Hindu tuhan itu ada dalam konsep mikro dan makro.
Kesimpulan nya bagi umat hindu dikotomi agama langit dan bumi bukanlah masalah, namun akan menjadi masalah disaat dikotomi itu dijadikan sebagai acuan tinggi rendahnya ajaran agama.

Terima kasih.
Pranata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s